Sabtu, 10 Desember 2011

mimpi itu???

Sebuah mimpi akan terasa menyakitkan ..ketika dalam mimpi itu,kita tahu dan sadar persis apa yang sedang kita mimpikan hanyalah sebuah 'mimpi'.bukankah mimpi dalam tidur tidak akan terasa indah lagi saat kita justru dalam mimpi itu sendiri menyadari semuanya bohong!Ah,padahal mimpi dalam tidur bisa menjadi obat pengurang rasa sakit dari kenyataan pahit yang panjang,kenapa pula sebaliknya??

kutipan tersebut ada pada salah satu novel karangan tere liye...


 MIMPI secara sederhana dapat diartikan sebagai keinginan, cita-cita, harapan dan khayalan untuk suatu hal yang ingin terjadi di masa depan atau mimpi merupakan Gambaran aktivitas atau kejadian yang terjadi pada saat seseorang tidur. Sedangkan pengertian mimpi yang lain ada dari wikipedia,yaitu:Mimpi adalah pengalaman bawah sadar yang melibatkan penglihatan, pendengaran, pikiran, perasaan, atau indra lainnya dalam tidur, terutama saat tidur yang disertai gerakan mata yang cepat (rapid eye movement/REM sleep).



Beberapa ayat alquran yang menjelaskan tentang mimpi :

Dan (ingatlah), ketika Kami wahyukan kepadamu: “Sesungguhnya (ilmu) Tuhanmu meliputi segala manusia.” Dan Kami tidak menjadikan mimpi yang telah Kami perlihatkan kepadamu, melainkan sebagai ujian bagi manusia dan (begitu pula) pohon kayu yang terkutuk dalam Al Quran. Dan Kami menakut-nakuti mereka, tetapi yang demikian itu hanyalah menambah besar kedurhakaan mereka. (QS. Al-Israa : 60)

Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: “Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu!” Ia menjawab: “Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar.” (QS. Ashshaaffaat: 102)

Dan demikianlah Tuhanmu, memilih kamu (untuk menjadi Nabi) dan diajarkan-Nya kepadamu sebahagian dari ta’bir mimpi-mimpi dan disempurnakan-Nya nikmat-Nya kepadamu dan kepada keluarga Ya’qub, sebagaimana Dia telah menyempurnakan nikmat-Nya kepada dua orang bapakmu[743] sebelum itu, (yaitu) Ibrahim dan Ishak. Sesungguhnya Tuhanmu Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana. (QS. Yusuf : 6)

 Mimpi menurut sebagian orang merupakan sebuah kenyataan yang akan terjadi,entah besok,minggu depan,bulan depan atau tahun-tahun mendatang.sedang menurut sebagian lain,mimpi hanya sebuah buah atau bunga tidur.pada sebagian orang yang percaya mimpi akan menjadi kenyatan biasanya akan menafsirkan mimpi tersebut dengan menyangkut pautkannya dengan hal-hal yang bersifat mitos atau sejenisnya.entah dari primbon atau apapun.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar